Metode Belajar Bahasa Asing dengan Cepat dan Mudah

Pemahaman bahasa asing memang menjadi menu wajib yang harus dikuasai. Terlebih, jika Anda bekerja di suatu perusahaan asing atau Anda memiliki hobi travelling atau malah sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Namun, ada juga beberapa pembelajar yang mengeluh betapa susahnya mempelajari bahasa asing. Banyak yang beranggapan, menguasai satu bahasa asing saja sulit, apalagi mempelajari beberapa bahasa asing secara sekaligus. Ini menjadi sesuatu yang dirasa hampir mustahil.

Namun sebenarnya, menurut beberapa ahli bahasa, Anda bisa belajar keterampilan dasar untuk berkomunikasi dalam bahasa asing dalam beberapa minggu saja. Dan, untuk menguasai dasar-dasar bahasa asing, hanya dibutuhkan waktu beberapa bulan. Jadi, sekalipun Anda tetap tidak bisa menjadi mahir untuk membaca karya sastra dalam bahasa asing, namun Anda masih bisa tetap menguasai ungkapan dan bahasa teknis yang dibutuhkan untuk urusan pekerjaan atau pendidikan.

Lalu, bagaimana metode yang tepat agar bisa cepat menguasai bahasa asing? Berikut beberapa metode yang bisa diterapkan agar bisa menguasai bahasa asing dengan cepat.

  • Pelajari basic conversation atau percakapan standar yang umum digunakan. Ini bisa dilakukan dengan membuat naskah atau script yang berisikan reka percakapan yang Anda alami di negara asing yang Anda kunjungi. Membuat naskah ini akan membantu Anda untuk memahami pernyataan-pernyataan umum yang sekiranya akan Anda peroleh dari warga lokal.

  • Meningkatkan kepercayaan diri. Beberapa ahli bahasa berpendapat bahwa kebanyakan orang yang tidak mengalami peningkatan dalam mempelajari suatu bahasa baru adalah karena mereka tidak memberanikan diri untuk berbicara. Jadi, meningkatkan kepercayaan diri untuk berbicara dalam bahasa asing merupakan salah satu kunci utama dalam menguasai bahasa asing.

  • Jangan takut melakukan kesalahan. Selain meningkatkan rasa percaya diri, Anda juga jangan takut melakukan kesalahan ketika berbicara dalam bahasa asing. Kesalahan adalah suatu hal yang wajar dalam proses belajar.

  • Menggemari bahasa asing yang dipelajari. Dengan kegiatan membaca, mendengarkan radio, atau berbicara langsung dengan penduduk lokal, dapat membantu Anda menyukai bahasa yang Anda pelajari. Semakin Anda menggemari bahasa asing yang dipelajari, maka semakin cepat juga Anda menguasai bahasa asing tersebut.

 

Daftar Pustaka

Post Tagged with , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *