4 Metode Populer dalam Pengajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya

Metode pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting di dalam kegiatan belajar-mengajar bahasa asing. Penggunaan metode pengajaran bahasa Inggris yang tepat dapat membantu siswa mencapai prestasi terbaik. Begitu juga Sebaliknya, siswa bisa merasa bosan belajar bahasa Inggris apabila metode yang digunakan kurang efektif.

Telah cukup banyak lembaga bimbingan belajar bahasa inggris yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Namun sebaiknya Anda mengetahui metode apa saja yang paling efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai penutur asing. Dengan begitu, Anda dapat menentukan bimbingan belajar terbaik yang menerapkan metode belajar paling efektif dan sesuai dengan karakter Anda.

Berikut adalah informasi mengenai 4 metode belajar bahasa asing yang saat ini dianggap paling efektif:

Grammar Translation Method (GTM)

Metode ini merupakan metode yang paling lama ada di dunia pembelajaran bahasa asing. Metode lebih menekankan grammar atau tata bahasa. Selain tata bahasa, juga terdapat translate atau alih bahasa yang digunakan untuk mengajarkan kosakata. Guru akan mengajarkan materi tentang tata bahasa menggunakan rumus, kemudian menggunakan alih bahasa ketika memberikan pengajaran membaca, menulis, serta kosakata dalam bahasa Inggris.

Audio Lingual Method

Audio Lingual Method adalah salah satu metode yang diyakini efektif untuk membuat siswa belajar bahasa Inggris dengan cepat. Siswa diajarkan sebuah bahasa layaknya masa bayi dahulu. Caranya yaitu  guru mempraktikkan sebuah dialog pendek yang satupun artinya belum dapat diterjemahkan oleh siswa. Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk mengikuti dialog tersebut kemudian siswa menebak maksud dialog dari mimik, pose, serta berbagai hal yang dipraktikkan oleh guru.

Siswa diajak menghafal dialog tidak mereka ketahui artinya secara jelas. Siswa dipaksa berpikir untuk mengerti isi dialog dan menghafalnya dalam waktu singkat. Setelah siswa menghafal, baru kemudian mereka diberikan kata-kata yang ada di dalam dialog tersebut yang kemudian mereka tulis.

Silent Way

Silent Way sebenarnya merupakan metode belajar matematika oleh Celeb Cattegno. Namun, metode ini menjadi metode yang powerful apabila diterapkan pada pembelajaran bahasa Inggris. Seorang guru menggunakan rods sebagai media untuk mengajarkan banyak hal terutama mengenai berbicara dan tata bahasa dalam bahasa Inggris. Rods mempunyai warna dan panjang yang berbeda.

Metode ini secara garis besar mempunyai konsep yang hampir sama dengan audio lingual method. Hal yang menarik dari metode ini yaitu dimana siswa juga diajak untuk membangun sense atau inner criteria yang membuat mereka mampu mendeteksi serta memperbaiki diri apabila terdapat kesalahan dalam menggunakan bahasa Inggris.

Total Physical Response

Meode ini dilakukan dengan guru melakukan beberapa pekerjaan misalnya berjalan, duduk, menaruh buku, memegang benda, atau menulis. Namun sebelum guru melaksanakan pekerjaan-pekerjaan tersebut, ia memerintah dirinya terlebih dahulu dengan instruksi dalam bahasa asing.

Hal tersebut diulang beberapa kali, selanjutnya guru memberikan perintah kepada siswa dengan perintah yang sama dengan dirinya tadi. Melalui perintah tersebut, siswa diharapkan mampu melaksanakan perintah seperti contoh yang sudah diberikan. Guru tentunya tidak melaksanakan perintah tersebut namun hanya memberikan koreksi.

belajar-bahasa-asing

One Response so far.

  1. Haqis berkata:

    Makasih Infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *